Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cake dan Cara Membuat Cake Lembut dan Halus

Resep Cake dan Cara Membuat Cake Lembut dan Halus

Resep Membuat Cake Lembut dan Empuk

Saat acara keluarga sedang berlangsung, salah satu referensi masakan yang bisa anda sajikan adalaha resep cake lembut dan empuk yang akan membuat semua tamu dalam acara tersebut heran, bagaimana anda bisa membuatnya begitu lembut dan empuk di mulut. Sajian ini juga cocok untuk anda yang ingin memberikan camilan sehat dan aman untuk dikonsumsi keluarga sehari-hari. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, cukup menyiapkan segala kebutuhan seperti mixer dan oven, anda sudah bisa memasaknya sendiri di rumah. Berikut, bahan-bahan serta cara membuat cake yang bertekstur lembut dan empuk.

Resep Membuat Cake Lembut dan Empuk Resep Cake dan Cara Membuat Cake Lembut dan Halus resep cake resep cake lembut dan mengembang  resep cake kukus sederhana  resep cake ulang tahun  resep cake lembut irit telur  resep cake gampang  resep cake coklat  resep cake kukus lembut  cara membuat cake lembut dan halus cara membuat cake lembut dan halus resep bolu lembut dan basah  cara membuat cake yang lembut dan moist  resep cake coklat lembut  resep cake lembut dan mengembang  contoh cara membuat cake yang lembut  resep cake lembut irit telur  resep kue cake zebra  resep cake lembut dan tidak seret


Bahan-bahan yang Diperlukan Dalam Resep Cake Lembut dan Empuk :

Tepung terigu sebanyak 100 gram
Gula halus sebanyak 100 gram
Margarin sebanyak 50 gram yang dicairkan
Telur ayam sebanyak 5 butir
Emulfisier sebanyak ½ sdm
Vanili bubuk sebanyak ½ sdm
Langkah-langkah Membuat Cake Lembut dan Empuk :

Cara memasak resep cake lembut dan empuk dimulai dengan menyiapkan semua perlengkapan, mulai dari loyang, oven, mixer, dan beberapa baskom. Pertama-tama, olesi loyang menggunakan sedikit margarin. Lalu, berikan taburan tepung terigu secara merata di atas olesan margarin. Kemudian, sisihkan loyang sementara.

Ambil baskom, kemudian masukkan telur, vanili, dan gula halus, lalu kocok semua bahan menggunakan mixer atau kocokan biasa hingga semua bahan tercampur secara merata dan mulai mengembang.

Jika adonan telah mengembang, kini masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil adonan tetap diaduk. Masih dalam keadaan mengaduk adonan, masukkan juga margarin yang telah dicairkan secara perlahan-lahan sambil adonan diaduk secara merata.

Setelah adonan sudah tercampur secara merata, kini tuangkan adonan yang telah dibuat ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Ratakan adonan dalam loyang.
Kemudian masukkan dalam oven, panggang dengan suhu 180 celcius selama 30 menit.

Jika cake telah matang dan mengembang berwarna kuning kecoklatan, kini tandanya segera keluarkan kue dari oven. Biarkan hingga kue lebih dingin, kemudian keluarga dari loyang. Potong-potong persegi atau sesuai selera anda. Kini, cake lembut dan empuk siap untuk anda santap bersama keluarga atau orang terdekat.

Demikianlah cara membuat cake yang sangat lembut dan empuk di mulut. Jika anda sudah mengetahui cara membuatnya, kini anda tidak perlu pergi ke toko roti untuk membeli kue yang empuk dan lembut seperit ini. Cukup membeli bahan-bahan yang diperlukan dan memasak dengan resep cake lembut dan empuk di rumah, anda bsia membuatnya untuk hidangan spesial.

Tips Rahasia Membuat Cake Yang Sempurna

Siapa yang tak tergoda menikmati lezatnya cake yang dijual di toko-toko kue? Rasanya yang manis, gurih dengan tekstur lembut dan fluffy pasti bikin kita ingin bisa membuatnya di rumah. Tetapi, kenapa cake buatan sendiri hasilnya tak senikmat bikinan toko ya?

Resep Cake dan Cara Membuat Cake Lembut dan Halus resep cake lembut dan mengembang  resep sponge cake sederhana  resep cake coklat lembut  resep bolu lembut dan basah  resep kue cake zebra  contoh cara membuat cake yang lembut  resep cake lembut irit telur  resep cake sederhana

Sekalipun telah mengikuti resep yang tertera, membuat cake pun ada tips khususnya. Mulai dari pemilihan tepung yang tepat hingga cara menuangkan adonan ke dalam loyang sebelum dipanggang. simak tips membuat cake yang sempurna berikut ini:

Pilih Tepung Yang Tepat

Untuk menghasilkan cake yang baik, gunakan tepung terigu yang digiling halus. Tepung terigu yang terbuat dari gandum disarankan karena mengandung protein gluten rendah dibandingkan tepung terigu biasa. Proses bleaching juga meningkatkan keasaman adonan sehingga pati dalam tepung menyerap lebih banyak uap air. Hasilnya adalah cake yang halus dan lembut.

Perhatikan Suhu Bahan Yang Digunakan

Kunci adonan yang lembut adalah pada suhu bahan yang digunakan. Susu, butter dan telur haruslah dalam suhu ruangan saat diolah. Telur dan susu yang dingin akan membuat adonan menggumpal dengan butter. Hasilnya adalah kue yang keras dan bertekstur kasar. Walaupun begitu, memanaskan butter dan susu juga tidak disarankan. 

Idealnya, semua bahan disiapkan semalam sebelumnya di suhu ruangan. Jika Anda terburu-buru, Anda dapat memasukkan telur dari kulkas ke dalam mangkuk berisi air hangat selama 5 menit agar telur berada dalam suhu yang cukup untuk diolah.

Mengaduk Dengan Cara Yang Tepat

Saat mencampur bahan, aduk adonan perlahan-lahan agar tidak menghasilkan remahan yang keras. Setelah adonan tercampur rata, naikkan menjadi kecepatan tertinggi selama 5 detik. Adonan akan berubah menjadi emulsi yang halus dan rata.

Akhiri Dengan Menghentakkan Loyang

Cake yang lembut dihasilkan dari banyaknya udara yang terkandung saat proses pengocokan adonan. Namun, hasilnya adalah cake yang berlubang-lubang dan kurang cantik dilihat. Hal ini dapat diatasi, caranya: saat menuangkan adonan ke loyang, ratakan bagian atas adonan dengan spatula karet. Lalu hentakkan loyang ke meja agar udara di dalam adonan terdorong keluar. Cara ini cocok digunakan untuk cake yang menggunakan baking soda atau baking powder tetapi tidak cocok untuk jenis cake yang memang membutuhkan udara di dalamnya, misalnya foam cake.

Proporsi Kuning Telur 

Proporsi jumlah kuning telur harus lebih banyak daripada jumlah putih telur. Semakin banyak jumlah kuning telur yang digunakan daripada putih telur, maka cake yang dihasilkan akan semakin halus, lembut dan tidak berpori. 

Proporsi Jumlah Butter 

Anda juga harus memperhatikan proporsi jumlah butter, untuk mendapatkan cake yang halus, lembut dan tidak berpori. Proporsi jumlah butter yang terbaik adalah 60% dari jumlah telur. 

Penggunaan Margarin 

Jenis dan fungsi margarin sangatlah beraneka ragam. Jika anda ingin membuat cake yang halus, lembut dan tidak berpori, maka pilihlah margarin yang paling cocok untuk jenis cake. Misalnya saja dengan penggunaan Marmila Margarine beraroma susu vanila yang khusus untuk cake dan roti, anda dapat mengurangi pemakaian susu dan menghilangkan vanilli di proses produksi.